2 Apr 2012

cara membuat KKM


Cara menentukan  KKM
Hal-hal yang dipertimbangkan untk KKM
1.      KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
2.      KKM ditentukan oleh masing-masing guru pada forum KKG satuan pendidikan
3.      Perhitungan KKM mempertimbangkan :
A.   Kompleksitas.
Sebuah indikator dinyatakan memiliki tingkat kompleksitas yang sukar apabila memiliki kriterian antara lain :
1.    Waktu yang tersedia untuk mengajarkan indikator tersebut;
2.    Tingkat kesukaran materi.
                 Rentang skor :- Sukar           :   0 – 59
-       Sedang      :  60 – 79
-       Mudah       :   80-100
B.   Daya Dukung Pendidik
Kriteria daya dukung pendidikan yang menjadi faktor utama peningkatan kualitas pendidikan di satuan pendidikan antara lain :
1.    Ketersediaan guru sesuai dengan kebuthan satuan pendidikan;
2.    Kesesuaian basic guru dengan keharusan.. (misal : Guru mata pelajaran mengajar sesuai mata pelajarannya tidak menjadi guru kelas, apalagi guru sukwan yang berlatar non pendidikan dijadikan guru kelas).
3.    Guru profesional pada tugasnya.
Rentang skor:- Tidak mendukung     :  0-59

-       Cukup Mendukung    : 60-79
-       Mendukung               : 80-100
C.   Daya Dukung Sarana Prasarana
Kriteria daya dukung sarana prasarana yang dijadikan bahan pertimbangan diantaranya :
1.    Fasilitas /fisik bangunan satuan pendidikan , minimal satu kelas satu ruang;
2.    Bangku dan kursi minimal memenui jumlah kebutuhan peserta didik;
3.    Alat peraga dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan.
Rentang skor :- Tidak tersedia  :  0-59
-          Cukup tersedia :60-79
-       Tersedia/legkap : 80-100
D.   Intake Peserta Didik : yaitu potensi peserta didik secara klasikal atau kemampuan rata-rata peserta didik seara klasikal, tidak secara individual .
Skor intake peserta didik dengan mempertimbangkan
1.    Kelas I , skor yang ditentukan dengan mempertimbangkan latar belakang peserta didik dan lingkugan.
2.    Kelas  II sd VI ditentukan dengan melihat hasil penentuan  KKM di bawahnya atau KKM tahun lalu pada mata pelajaran yang sama.     
4.KKM dinyatakan dalam bentuk persen (%) antara 0 – 100’
5. KKM ideal nasional adalah 75%.
6. Kelas rendah dapat menentukan KKM di bawah KKM Ideal Nasional , tetapi    diharapkan di akhir satuan pendidikan (kelas VI) mampu mencapai KKM Ideal Nasional.,
7. Prosedur menentukan KKM Satuan Pendidikan
- KKM KD merupaka rata-rata dari gabungan KKM Indikator
- KKM SK merupakan rata-rata dari gabungan KKM KD
- KKM Semester merupakan rata-rata dari gabungan KKM semeser 1 dan  2 atau KKM SK 2 semeter
- KKM Sekolah merupakan rata-rata gabungan KKM MP dari kelas 1 sd 6.













KKM  indikator                             KKM KD                                   KKM SK










    KKM Smt                                         KKM MP                              KKM Sekolah/Satuan Pendidikan.
8. KKM dicantumkan dalam LHBS (Laporan Hasil Belajar Siswa) sesai dengan model yang dipilih satuan pendidikan , misalnya rapot.
9. KKM Kelas tiap Mata Pelajaran dijadikan bahan pertimbangan untuk penentuan kenaikan kelas.
10. KKM satuan pendidikan dijadikan bahaan pertimbangan untuk pnentuan keluluan peserta didik. Di kls VI.


Penting : ,- Skor intake peserta didik tiap indikator pada masing-masing mata pelajaran adalah sama. Misal : apabila skr intake peserta didik pada awal penentuan KKM adalah 40, maka semua indikator untuk mata pelajaran tersebut pada kolom iIntake semuanya diberi skor 40
    -Apabila pada tahun lalu sudah didapat KKM untuk tiap mata pelajaran , maka KKM tersebut menjadi Skor Intake pda tahun sekarang. Misal : Jika KKM Mata pelajaran Matematika tahun lalu adalah 58, maka semua indikator mata pelajaran matematika tahun sekarang skor intake peserta didik nya adalah 58.
Catatan : - Nilai Bagus > KKM
               -Nilai Remedial  <KKM
               _Nilai hasil remedial yang dimasukkan menjadi nilai  yaitu disesuaikan /disamakan dengan nilai KKM.    

0 komentar:

Poskan Komentar